Senin, 30 April 2012

MANUSIA DAN PENDERITAAN


Manusia dan Penderitaan



Pengertian Frustasi
Frustrasi, dari bahasa Latin frustratio, adalah perasaan kecewa atau jengkel akibat terhalang dalam pencapaian tujuan. Semakin penting tujuannya, semakin besar frustrasi dirasakan. Rasa frustrasi bisa menjurus ke stress.

Penyebab Frustasi
Frustrasi dapat berasal dari dalam (internal) atau dari luar diri (eksternal) seseorang yang mengalaminya. Sumber yang berasal dari dalam termasuk kekurangan diri sendiri seperti kurangnya rasa percaya diri atau ketakutan pada situasi sosial yang menghalangi pencapaian tujuan. Konflik juga dapat menjadi sumber internal dari frustrasi saat seseorang mempunyai beberapa tujuan yang saling berinterferensi satu sama lain. Penyebab eksternal dari frustrasi mencakup kondisi-kondisi di luar diri seperti jalan yang macet, tidak punya uang, atau tidak kunjung mendapatkan jodoh.

Orang yang Rawan akan Frustasi
Biasanya orang yang rawan akan frustasi adalah orang-orang yang memiliki sifat tertutup (introvert). Orang-orang dengan sifat ini cenderung untuk memilih diam ketika memiliki masalah karena merasa dia dapat memecahkan masalahnya sendiri, atau merasa bahwa orang lain tidak akan mengerti apa yang dirasakannya. Begitu juga dalam hal mengajukan pendapat, apabila dia merasa kurang sependapat dengan orang lain, orang introvert sering kali memilih diam karena tidak berani berargumentasi atau mungkin karena malas berdebat dengan lawan bicaranya. Orang introvert akan lebih sering mengalami frustasi karena semua beban pikirannya dia tanggung sendiri alih-alih dibaginya kepada orang lain.

Cara Menghindarkan Diri dari Frustasi
Cara menghindarkan diri dari frustasi diantaranya adalah:

1. Membagi cerita (sharing)

   Sharing atau membagi cerita atau seringkali disebut dengan curhat bisa menghindarkan diri dari frustasi. Curhat adalah salah satu cara kita untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang kita hadapi, yaitu dengan meminta orang lain untuk mendengarkan isi hati kita, atau apa yang sedang kita rasakan saat itu juga. Tidak semua orang dapat diajak curhat atau menjadi pendengar yang baik, dan tidak perlu semua orang tahu apa yang kita rasakan, cukup orang-orang terdekat saja seperti keluarga (terutama orang tua) serta sahabat. Tidak semua yang kita ajak curhat pun dapat memberikan solusi terbaik, akan tetapi setidaknya kita akan merasa lebih lega ketika ada orang yang mau kita ajak untuk berbagi serta mendengarkan isi hati kita.

2. Berperilaku Asertif

    Asertivitas adalah suatu kemampuan untuk mengkomunikasikan apa yang diinginkan, dirasakan, dan dipikirkan kepada orang lain namun dengan tetap menjaga dan menghargai hak-hak serta perasaan pihak lain. Dalam bersikap asertif, seseorang dituntut untuk jujur terhadap dirinya dan jujur pula dalam mengekspresikan perasaan, pendapat dan kebutuhan secara proporsional, tanpa ada maksud untuk memanipulasi, memanfaatkan ataupun merugikan pihak lainnya (Pratanti, 2007).(http://imron46.blogspot.com/2010/05/perilaku-asertif.html)
    Dengan berperilaku seperti ini maka kita dapat menyuarakan pendapat kita sehingga tidak ada yang mengganjal dalam hati dan tidak menimbulkan frustasi akibat keinginan yang tidak terwujudkan.

3. Menyibukkan Diri dengan Hobi
 
    Hobi adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan bagi setiap orang, tidak ada hal yang tidak menyenangkan yang dijadikan hobi, oleh karena itu, ketika kita merasa jenuh oleh rutinitas yang kian lama akan dapat menimbulkan frustasi yang berlebihan, hentikanlah sejenak kegiatan kita lalu lakukanlah hobi kita masing-masing, dengan begitu otak pun akan tersegarkan kembali dan siap untuk menjalani kegiatan dengan stamina yang maksimal.

4. Berdoa Kepada Tuhan

    Diantara sekian banyak solusi atau cara pemecahan masalah, yang paling mujarab adalah tidak lain dengan berdoa kepada Tuhan. Tuhan tidak pernah memberikan cobaan yang tidak dapat dilalui oleh umatnya. Ketika kita merasa berada dalam kesulitan mintalah kepada Tuhan, karena Tuhan pasti akan mendengarkan doa umatnya. Saya mengutip dari sebuah akun twitter yang seringkali memberikan tweet berupa kata mutiara yaitu @ihatequotes: People: they hurt you, fail you, disappoint you. God: never.  -
(Source: Wikipedia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar